Gema Tilawah Bersama Serena | Mendekatkan Diri Dengan Allah Melalui Al Qur'an

APRILINA SURYANI
210401110143 . G.96.2024 . 2 months ago

65ca487f72d555b1cb3703e1b.jpg
Dalam rangka mengisi kegiatan di awal pagi dan menjelang petang, KKM 96 UIN Malang menggiatkan rutinan tadarus bersama di dua tempat yakni Mushola Al Ikhlas yang bertempat di seberang posko KKM 96 dan Masjid Baitur Rohman, tak jauh dari Bali Desa Sumberejo. Diawali dengan sowan (silaturahmi) kepada penanggung jawab kedua tempat yang akan dijadikan tempat rutinan tadarus al - qur'an (one day one juz) yang merupakan salah satu dari program kerja KKM 96 di Dusun Aran-Aran Desa Sumberejo Kecamatan Poncokusumo. 

Setelah mengutarakan tujuan kepada masing-masing penanggung jawab tempat, kelompok KKM 96 mendapat tanggapan positif dan lampu hijau untuk melaksanakan program one day one juz di kedua tempat tersebut. Bahkan penanggung jawab dari Mushola Al Ikhlas menyampaikan izinnya dengan penuh haru serta meneteskan air mata. "saya senang sekali mbak dan mas KKM yang sekarang mau lagi berkegiatan di mushola ini, sudah lama sekali mushola ini tidak dipakai oleh mahasiswa yang kkn di desa ini, terakhir itu tahun 2011", tutur Bu Lik, penanggung jawab sekaligus pemilik Mushola Al Ikhlas. Sambutan hangat juga beliau tunjukkan dengan pemberian hidangan pendamping selama one day one juz berlangsung di Mushola Al Ikhlas ini, beliau selalu menyuguhkan teh dan jeruk hangat untuk anggota KKM 96 ketika kegiatan berlangsung setiap subuh. 

Tak jauh berbeda dengan Bu Lik, penanggung jawab Masjid Baitur Rohman pun memberikan respon positif ketika kelompok KKM 96 menyampaikan niat baiknya untuk melaksanakan kegiatan one day one juz setelah pelaksanaan shalat maghrib di masjid tersebut. Ramainya jama'ah shalat maghrib dan isya' di masjid tersebut juga berperan penting dalam menjaga tali silaturahmi kelompok KKM 96 bersama warga sekitar. Mengingat kondisi dan jarak antar rumah di dusun tempat kelompok KKM 96 menetap cukup luas sehingga sedikit tidak memungkinkan jika dilakukan secara door to door ke seluruh rumah, kegiatan ini pun menjadi salah satu jalan pengenalan kelompok KKM 96 kepada warga dan pelaksanaan program kerja yang nyata. 

Sejauh kegiatan ini berlangsung sejak 22 Desember 2023 sampai tulisan ini dimuat, tak banyak hambatan dalam keberlangsungan kegiatan one day one juz ini jika bukan hujan deras atau adanya kegiatan lain yang dilaksanakan. Kegiatan ini pun mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari berbagai pihak terkait di Dusun Aran-aran dan Desa Sumberejo seperti dari penanggung jawab kedua tempat pelaksanaan dan tentunya Bapah Haji Sakam Priyoko selaku Kepala Desa Sumerejo. 


coded by muchad with <3