Kegiatan Desa Kambingan

YUNIA LAILA MAGHFIROH
16150040 . G.194.2019 . 5 years ago

Memasuki hari ke 13 yang bertepatan pada hari rabu. Pada hari itu saya dan teman- tman melakukan kegiatan di desa Kambingan kebcamatan Tumpang, Kabupaten Malang, yang mana kegiatan ini dilaksanakan mulai pagi hingga malam. Di desa kambingan ini terdapat 3 dusun yaitundusun Krajan, dusun Panggung Rejo, dan dusun Panggung Sari. Ketika pagi hari selesai sarapan saya dan sebagian teman saya mengunjungi posyandu yang terletak di dusun panggung Rejo, mayoritas penduduknya berbahasa Madura.

Posyandu biasa dimulai pada pukul 8 pagi hingga 11 siang. Pada hari itu jadwal kelas balita, dan ibu-ibu dan para balita-balitanya mulai berdatangan. Dan ami membentu untuk mendata siapa saja yang hadir, di samping itu kami juga membantu mengukur dan menimbang berat badan para balita. Setelah mengikui kegiatan posyandu, pada sore hari pukul 15.00 mengajar di TPQ Nur Huda, pada TPQ tersebut menggunakana metode belajar mengaji Yanbu’a yang mana terbagi dari beberapa kelas. Mulai kelas palingb kecil yang rata-rata belum sekolah, hingga sekolah SMP. Kegiatan mengaji dengan menyetor satu persatu tiap anak kemudian dilanjutkan dengan menulis dan membaca surat-surat pendek. Kegiatan TPQ berakhir pada puku 16.00.

Sebagian anak yang mengaji di TPQ Nur Huda malamnya menghampiri posko tempat teman-teman KKm tinggal, untuk melakukan bimbel atau belajar bersama. Biasanya mereka ke posko sesudah pulang ngaji atau setelah sholat mahrib. Di sana kami mengajarkan apa yang telah kami peroleh dan membantu menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) mereka. Di sisi lain kami juga mengajarkan atau berbagi pengalaman-pengalaman yang sudah kami dapatkan selama ini. Mereka belajar dengan kami hingga pukul 8 malam.

Pada pukul 8 malam masyarakat sekitar posko melakukan kegiatan rutinan yaitu dibaan malam yang bertempat di mushola dekat kami tinggal. Sebagian teman-teman mengikuti kegiatan tersebut dan termasuk saya, dan sebagian yang lain merancang kegiatan yang akan dilakukan untuk besoknya. Kegiatan dibaan yang dilakukan oleh warga khususnya ibu-ibu dan para pemuda perempuan hingga pukul setentah 10 malam. Setelah melakukan kegiatan tersebut semua teman-teman melakukan rutinitas setiap hari yang dilakukan sebelum tidur, yaitu melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilakukan dan juga menyusun kegiatan yang akan dilakukan pada esok hari. Setelah melakukan kegiatan rapat atau evaluasi istirahat sejenak untuk mempersiapakan kegiatan besok dan mengembalikan energi serta tenaga.


coded by muchad with <3