KKM 85 UIN Malang Mengajak Siswa SD Untuk Membaca Buku Melalui Kegiatan Perpustakaan Mini

ANDIRA RIZKY ABDILLAH
210601110026 . G.85.2024 . 2 months ago

Membaca buku menjadi salah satu cara untuk menambah pengetahuan dan hiburan untuk diri sendiri. Seperti yang dilakukan oleh KKM 85 UIN Malang pada Selasa, 9 Januari 2024 di SDN Ngadireso 1 selama seminggu ke depan mengajak siswa-siswi yang ada di sekolah tersebut untuk membaca buku. Tak hanya membaca buku seperti biasa, KKM 85 UIN Malang mengajak para siswa tersebut dengan cara membuat simulasi perpustakaan mini. Sehingga para siswa bisa merasakan bagaimana tahapan peminjaman buku di perpustakaan.

Buku yang disediakan bermacam-macam dari berbagai jenis buku seperti komik, cerita pendek, tebak-tebakan hingga buku non fiksi seperti matematika dan IPA. Kegiatan ini dilaksanakan selama seminggu ke depan dengan sistem bergiliran, sehingga setiap harinya terdapat kelas yang berbeda-beda dalam peminjaman buku-buku tersebut. Sistem peminjaman itu sendiri mirip-mirip dengan meminjam buku di perpustakaan, para siswa diberi kartu yang berisikan biodata. Kartu ini seolah-olah adalah sebuah kartu anggota perpustakaan. Kemudian siswa tersebut akan mengisi daftar hadir dan selanjutnya bisa meminjam buku yang dia inginkan.

Kegiatan ini sangat antusias diikuti oleh para siswa serta disambut dengan baik oleh pihak SDN Ngadireso 1, karena mereka berharap dengan adanya kegiatan ini tingkat minat membaca para siswa bisa meningkat lebih baik. Puncak kegiatan ini adalah penyerahan buku-buku yang telah dibaca para siswa ke pihak sekolah pada Rabu, 24 Januari 2024. Penyerahan buku ini sekaligus menjadi kenang-kenangan KKM 85 UIN Malang kepada SDN Ngadireso 1. Kepala sekolah SDN Ngadireso 1 mengatakan bahwa pihaknya merasa senang dan berterimakasih atas buku-buku yang telah diberikan untuk para siswa serta berharap semoga para siswa juga lebih semangat dan giat untuk belajar.


65c419877af0fdc2ed603600c.jpg

coded by muchad with <3