KULIAH KERJA MAHASISWA BERJIWA ULUL ALBAB

AYUB YUSNIDA HAIDAROH
15230012 . G.33.2017 . 6 years ago

Sosok manusia ulul albab adalah orang yang mengedepankan dzikir dan amal shaleh. Ia memiliki ilmu yang luas, pandangan mata yang tajam, otak yang cerdas, hati yang lembut dan semangat serta jiwa pejuang (jihad di jalan allah) dengan sebenar-benarnya perjuangan.

Ulul albab adalah manusia yang bertauhid. Kalimat syahadah sebagai pegangan pokoknya, sebagai penyandang tauhid, ia berpandangan bahwa tidak terdapat kekuatan di muka bumi ini selain Allah. Semua makhluk manusia berposisi sama.

Mengikuti Kuliah Kerja Mahasiswa merupakan kegiatan yang wajib di Universitas. Tetapi apabila di lihat lagi jika kita menerimanya dengan ikhlas maka kewajiban tersebut menjadi suatu kesenangan yang bermanfaat.

Saya berfikir bahwa kita akan ditempatkan di pelosok desa yang masyarakatnya belum mengenal tekhnologi, tetapi kita salah mentafsirkan. Jika di lihat di desa pajaran yang kita tempati sudah ada tekhnologi canggih seperti Komputer, HP, dan lainnya.

Dalam proker kita salah satunya adalah pembuatan susu jagung yang kita beri nama ‘Zea Good’ , ide itu diambil dari bahasa latin dan inggris yang berarti jagung. Ide pembuatan susu jagung ini juga kita dapatkan setelah survey di persawahan desa pajaran.

Tak luput dari kegiatan agama, sosial dan pendidikan, kita sebagai mahasiswa yang berjiwa ulul albab juga mengikuti kegiatan warga seperti pengajian, tiba’an, mengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Adanya KKM ini merupakan suatu kebahagiaan yang sangat bermanfaat, dimana kita dapat bersosialisasi antara individu dan kelompok serta masyarakat. Disamping itu kegiatan KKM ini berbasis masjid dimana masjid menjadi tiang dari segalanya dan masjid tidak hanya untuk beribadah saja tetapi untuk mengaji, kegiatan bersifat keagamaan, dan kegiatan lain yang bersifat agama. Maka dari itu kita sebagai mahasiswa sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan KKM ini, dan berterimakasih kepada semua masyarakat pajaran yang telah membantu dalam pembelajaran ini.

 


coded by muchad with <3