Kutemukan Kenyamanan di Liburanku

AFIFATUR RAHMA
16110181 . G.15.2019 . 5 years ago

Kutemukan Kenyamanan di Liburanku

 Kegiatan kuliah kerja mahasiswa dilakukan oleh mahasiswa. Yang bertujuan melatih jati diri mahasiswa dalam berinteraksi dengan warga sekitar dan mengembangkan suatu ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan. Kegiatan ini biasanya terlaksana dalam kurun waktu satu bulan.

Di desa Ardimulyo kecamatan Singosari kabupaten Malang tempat kami mengabdi selama satu bulan. Kami tinggal di salah satu rumah warga didekat balai desa dan musholla. Tempat tinggal kami terpisah antara perempuan dan laki-laki, hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Penyerahan mahasiswa KKM pada tanggal 31 desember 2018. Yang dihadiri oleh kepala desa Ardimulyo kecamatan Singosari kabupaten Malang Bapak Riyanto dan dosen pembimbing lapangan. Beliau menyambut kedatangan kami dengan senang hati serta bersedia dan memabantu kami selama satu bulan kedepan.

Beberapa hari berlangsung kami pun berkunjung ke beberapa rumah warga untuk bersilaturrahmi. Wargapun menyambutnya dengan hati yang senang. Dari kunjungan tersebut mereka bersedia membantu kami dalam mendapatkan info yang kami butuhkan mengenai warga sekitar dan kegiatan warga.

Masyarakat di desa ardimulyo sangat baik, mereka semua ramah. Ketika kita main kerumah-rumah beliau beliau menyambut kami dengan sangat hangat dan mereka juga memberikan jamuan untuk kami, dan kamipun diajak bercerita banyak tentang desa sini

Kegiatan diba’an bersama ibu-ibuk pkk di desa ardimulyo dusun songsong, setiap hari jumat malam sabtu dilaksanakan diba’an di rumah ibu-ibu secara bergantian. Pembacaan diba’ juga secara bergantian, petama diawali oleh ibu-ibu kemudian dilanjutkan oleh kami mahasiswi kkm, dan ketika selesai pembacaan diba’ dilanjut oleh pembacaan doa yang dibacakan oleh salah satu ibu-ibu pkk. Kemudian setelah pembacaan diba’ tuan rumah menyuguhkan makanan pada kami semua yang hadir pada acara diba’an tersebut. Setiap kali dilaksanakan diba’an selalu disediakan makanan untuk yang hadir di acara tersebut. Warga di dusun sosngsong sangat baik dalam melayani sesame tetangganya dan juga sangat ramah pada kami.

Kegiatan senam bersama lansia, kegiatan ini di laksankan setiap hari minggu di pagi hari, tepat pukul 6 kami berkumpul dengan para lansia di lapangan depan sekolahan depan SD, tempatnya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal kami. Senam kami di pimpin oleh ibu-ibu, tidak hanya wanita yang hadir pada senam tersebut ada juga yang dari bapak-bapak yang ikut hadir dalam senam tersebut. Ibu dan bapak lansia semangat sekali dalam mengikuti senam lansia di pagi hari itu. Senam dilakukan sampai tiga kali putaran lagu, kemudian setelah senam selesai kami di beri konsumsi oleh ibu-ibu lansia, ibu dan bapak lansia itu nampak sehat sehat sekali tidak ada yang terlihat lemas maupun capek, semuanya merasa segar bugar kembali.


coded by muchad with <3