Pelajaran Berharga di Desa Kasembon

ATIKA DEWI SAPUTRI
16310042 . G.215.2019 . 5 years ago

kx

Anak-anak kelas satu di desa Kasembon Bululawang masih banyak yang belum bisa membaca dan menulis dengan benar dan lancar, oleh karena itu saya beserta tema-teman saya dari KKM UIN Malang 2019 berinisiatif sowan ke sekolah SD dan MI yang ada di desa Kasembon dengan tujuan untuk membantu atau meringankan tugas bapak ibu guru di sekolah, kami disambut baik oleh mereka. Kepala sekolah yang ada di SD dan MI meminta bantuan kami untuk membantu mengajar kelas enam yang akan menghadapi Ujian Nasional, juga meminta kami agar memberikan bimbingan khusus pada kelas satu terutama bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus dalam membaca dan menulis.

Setiap hari sekitar pukul delapan pagi beberapa orang dari anggota KKM datang ke sekolah untuk membimbing adik-adik kelas satu yang masih susah dalam membaca dan menulis. Respon dari adik-adik kelas satu sangat baik mereka selalu ceria dan semangat tiap kali kami datang ke sekolah, walaupun kadang-kadang mereka juga bosan atau capek dengan membaca dan menulis. Kami sangat senang dengan adanya program ini, karena dengan demikian ilmu kami bisa bermanfaat.

Untuk anak kelas enam kami mengajarkan mata pelajaran Ujian Nasional setelah dzuhur yaitu ketika jam pelajaran sekolah telah selesai. Mereka cukup antusias dengan kehadiran kami di kelas mereka. Banyak sekali pengalaman yang kami dapat ketika membantu di sekolah SD dan MI desa Kasembon. Kami mendapat pelajaran tentang bagaimana memahami murid dengan berbagai macam kepribadian yang berbeda, bagaimana membuat kelas menjadi kondusif, bagaimana menyikapi siswa yang kurang semangat dalam belajar, bagaimana menjadi pendidik yang bisa membuat siswa nyaman dalam belajar dan masih banyak lagi.

Satu bulan telah berlalu, masa pengabdian kami di desa Kasembon telah selesai. Artinya kami harus berpisah dengan masyarakat Kasembon serta semua yang ada didalamnya. Ketika H-3 perpulangan kami menyempatkan diri untuk bersilaturrahim dengan sekolah SD dan MI disana, bapak ibu guru menyambut dengan baik kedatangan kami untuk meiminta maaf, berterimakasih serta berpamitan untuk kembali pada rutinitas kami di kampus.

Salah satu perwakilan dari kami memberikan kesan dan pesan selama kami berada di sekolah, tidak lupa juga ucapan maaf dan terimakasih diucapkan kepada bapak ibu guru di sekolah. Kepala sekolah juga memberikan petuah-petuah yang bermakna bagi kami anggota KKM. Kamis sangat senang ketika kepala sekolah mengatakan bahwa para guru sedikit terbantu dengan adanya bantuan tenaga dari kami, serta para murid yang mulai mengalami peningkatan dalam memahami pelajaran setelah kami membantu memberikan bimbingan. Setelah itu kami memberikan cenderamata sebagai kenang-kenangan untuk sekolah dan berfoto bersama dengan semua guru di sekolah. Kami juga berpamitan pada murid-murid di sekolah, tidak lupa acara foto dengan mereka.


coded by muchad with <3