Pemberdayaan Adalah Kreatifitas

MIFTAHUS SHOLEHUDIN, M.HI
mifudin . VOLUNTEER.2017 . 6 years ago
 

Beberapa hari setelah mahasiswa peserta KKM Tematik Posdaya Berbasis Masjid telah tiba di lokasi pengabdian masing-masing, seperti biasanya HP saya pun menjadi sering di hubungi nomer-nomer mahasiswa maupun stakeholder. Beberapa pertanyaan serta diskusi yang terjadi antara kami diantaranya seputar program, informasi, link proposal ataupun update program yang telah dilakukan. Tidak jarang dari para pelaku pemberdaya ini juga mengajukan pendanaan atas inisiatif kegiatan yang dilakukan. 

Semua aktifitas para pemberdaya tersebut keren dan layak untuk di apresiasi, namun ada sedikit catatan saya ketika mendapingi (ikut-kutan lah tepatnya hehe) lokasi-lokasi pemberdayaan pada tahun-tahun sebelumnya. Catatan saya adalah banyak sekali kegiatan yang sifatnya gebyar, heboh, banyak yang meliput namun setelah mereka kembali ke kampus program itu hanya kenangan. Ada juga program yang benar-benar baru dirumuskan sehingga peluang trial dan erornya besar sehingga masyarakat enggan untuk mengembangkanya. 

Melalui tulisan ini saya hendak berbagi tentang konversi program yang mungkin dilakukan ketika tidak memiliki suport 'dana'. Sederhanya kita lihat tabel yaa..


Table diatas secara sederhana mengajak kita bahwa setiap program harus memiliki afirmasi atau solusi ketika ada kemandegan sehingga tidak terpaku pada satu program semata. Nah yang perlu kita pantengin adalah bagaimana target dan capaian dari program tersebut tercapai sehingga kita akan berfikir keras dan cerdas pada penemuan metode serta cara dalam merealisasikanya. Salam Semangats.... 



Comments:
FADLI ALWI MUBAROK
16230046 . G.125.2019 . 5 years ago
mohon maaf bapak, bisa sharing sedikit kami sangat mengapresiasi beberapa inovasi baru dari sistem KKM uin mengabdi pada tahun ini, beberapa inovasi barus bermunculan akan tetapi yang saya sayangkan kenapa terkait informasi KKM tahun ini sedikit kurang, seperti contoh di salah satu fakultas UIN malang yaitu fakultas ekonomi ada beberapa mahasiswa yang tidak mengikuti Program KKM dan Fakultas tersebut memfasilitasi Mereka dengan PKL, tidak sedikit dari beberapa mahasiswa fakultas yang memilih mengikuti PKL dikarenakan kurangnya infomrasi untuk KKM tahun ini, nah yang sedikit membingungkan kenapa sampai terjadi halseperti itu? itu yang pertama bapak, yang kedua dengan singkatnya temen-temen memperoleh informasi KKM tahun ini dan yang kita ketahui antara Teori dan aplikasi di masyarakat sedikit banyak tidak sama, dengan waktu yang singkat itu bagaimana kita harus masuk dan ikut berkontribusi dalam mengembangkan desa atau masjid di daerah yang kami tempati? mohon maaf karena sedikit curhat akan tetapi semua ini demi terwujudnya uin malang wang lebuh maju, salam hangat dari kami Kelompok 125 Desa Gilipurno kec. Bumiaji kota Batu.


coded by muchad with <3