Pengalaman dan pengabdian untuk NKRI

ALFIAN GHANA KUSUMA
15630081 . G.72.2017 . 6 years ago

Alhamdulillahirobbil’alamin. rasa syukur saya terhadap Allah SWT karena telah diberikan kesempatan untuk dapat mengabdi pada masyarakat di Desa Tawangrejeni. Selama KKM di Desa Tawangrejeni berbagai pengalaman saya dapatkan, pengalaman yang didapatkan bias menjadi acuan awal saya untuk menghadapi kehidupan masyarakat yang semakin beragam. Selama satu bulan penuh -dimulai tanggal 5 Juli hingga 5 Agustus- banyak pengalaman yang dapat diperoleh, meski terasa singkat namun berkesan. Masyarakat yang mayoritas Muslim menerima kedatangan teman-teman KKM dengan baik dan terbuka, begitupula dengan masyarakat non-Islam. Antusiasme anak-anak terhadap kehadiran KKM sangatlah tinggi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya anak-anak Desa Tawangrejeni yang mengikuti berbagai program KKM, masyarakat pun juga demikian, Sebgaian besar Masyarakat mengikuti kegiatan yang diadakan KKM dengan antusias. Dari hal tersebut, dapat saya simpulkan bahwa KKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kelompok 72 berhasil dengan perkiraan presentase 96%.

Berbagai hambatan tentu ada selama menjalani program KKM ini, tetapi semua hambatan itu dapat ditangani dengan cepat, dan tepat sehingga tidak terlalu mengganngu jalannya program kerja dari KKM. Koordinasi serta musyawarah yang sering dilakukan mempermudah kami untuk melaksanaakan berbagai kegiatan KKM, berbagai saran dan kritik dari masyarakat kami tamping dan kami musyawarahkan dengan berbagai pihak terkait. Sehingga didapatkan solusi terhadap saran serta kritik dari masyarakat. Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terimakasih kepada :

1. Bapak Riyanto selaku Kepala Desa Tawangrejeni yang telah memberikan izin bagi kelompok kami untuk KKM disana. Serta rasa terimakasih saya karena telah membantu melancarkan kegiatan-kegiatan kami walaupun tak berwujud fisik.

2. Bapak Warsito, S.Pd selaku Ketua Posdaya Baiturrohman yang menjadi motivator bagi suksesnya program demi program yang diajukan oleh kelompok kami.

3. Bapak Abdul Aziz Abdul Kholiq selaku Ketua Takmir Masjid Baiturrohman Desa Tawangrejeni yang menjadi fasilitator sehingga anggota KKM yang laki-laki dapat menginap di ruang ketakmiran yang telah disediakan oleh masjid. Dan dengan mengenalkan kami kepada tokoh-tokoh yang biasanya membantu adanya kegiatan di masjid Baiturrohman sehingga kami juga bisa setidaknya meminta bantuan dana dan yang lain dari beliau-beliau.

4. Ibu Pariyah sekeluarga. Saya pribadi ucapkan terima kasih karena sudah memberi tempat tinggal bagi anggota KKM yang perempuan, dan juga tak lupa saya mohon maaf apabila selama disana kami merepotkan ibu.

5. Ustadz Karimullah selaku Ketua TPQ Sabilillah yang sudah berkenan memberi kami kesempatan untuk sedikit berbagi ilmu. Kami sangat mengapresiasi atas semangat Panjenengan dalam mengajarkan ilmu-ilmu agama.

6. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada ustadz-ustadzah TPQ yang telah mengizinkan kami untuk berbagi ilmu serta pengalaman kepada adik-adik di TPQ walaupun terkadang kami juga ada kesalahan saat berbagi Ilmu, saya minta maaf yang sebesar-besarnya.

7. Rekan-rekan posdaya dan ketakmiran yang selalu menyemangati dan mendukung program kami. Kami berharap semoga berbagai program yang diajukan dapat berjalan lancar.

8. Dan kepada seluruh pihak yang telah membantu suksesnya proker-proker KKM kami. Terima Kasih banyak, kami tidak dapat membalas kebaikan beliau dengan apapun. Hanya doalah yang dapat saya berikan, semoga kelak kita dipertemukan dan bekerjasama dilain waktu dan kesempatan.

Berakhrinya KKM ini, membukakan mata kita bahwa masih banyak diluar sana desa-desa yang membutuhkan SDM-Sumber Daya Manusia- yang banyak serta mumpuni untuk membangun infrastruktur ataupun membagi Ilmunya untuk desa-desa yang terhalangi dengan jarak dan susahnya akses yang ditempuh untuk membangun desa agar lebih baik lagi. Waktu satu bulan sangatlah singkat untuk pembangunan desa, oleh karena itu diharapkan untuk seluruh KKM-entah itu dari KKM dari Universitas Negeri maupun Swasta- untuk saling bergandengan tangan dalam hal pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ingat INDONESIA bukan hanya Jawa saja.


coded by muchad with <3