Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Posyandu Desa Gading Kembar

LU`LUIL MAKNUN
16110118 . G.170.2019 . 5 years ago

Desa Gading Kembar memiliki lima posko posyandu yang tersebar di masing-masing dusun. Dari ke lima posyandu kami mengikuti kegiatan posyandu di Dusun Gasek Kulon Desa Gading Kembar. Kegiatan posyandu dilaksanakan satu bulan sekali,dan kebetulan bertempat di posko KKM 170 kami yakni di rumah ibu Sulipin. Sebagian dari kami ada yang piket di Balai Desa Gading Kembar, Kami memulai kegiatan posyandu pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan posyandu bertujuan untuk mengetahui keadaan gizi balita di desa Gading Kembar. Saya dan teman saya Anis Churin Nafiah ikut membantu ibu-ibu kader dalam menimbang berat badan, dan mengukur tinggi dari balita yang ada di Dusun Gasek Kulon. Dalam pelaksanaan posyandu khususnya di Dusun Gasek Kulon terdapat 37 Balita, Ibu bersama anak-anaknya pun mulai berdatangan ke posko posyandu, kemudian mereka mengisi daftar hadir dan mengikuti proses penimbangan serta pengukuran balita guna melakukan pemantauan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.

Setelah melakukan semuanya, kemudian ibu-ibu kader mencatat hasil dari pengukuran tersebut di buku KIA yang digunakan sebagai sarana untuk membantu para ibu di posyandu mencatat dan memonitor perkembangan balita mereka setiap bulannya. Setelah melakukan pengukuran dan penimbangan, para bayi dari usia 0- 5 tahun mendapatkan imunisasi untuk menstimulasi sistem imun dalam tubuh agar balita tidak gampang terkena penyakit. Kegiatan posyandu berlangsung sampai pukul 12.00 WIB, setelah posyandu selesai kami pun beristirahat sebentar untuk merebah lelah.

Pada pukul 15.45 sebagian dari kami mengajar TPQ dan sisanya mengikuti Istighosah khusus yang putri, istighosah dilaksanakan di rumah warga Dusun Gasek Kulon. yang bertugas mengajar di TPQ At-Taqwa ialah Nur Dhuha Zulfatul Aliyya dan Anisatul Maghfiroh sedangkan yang bertugas mengajar di TPQ Baitur Rohman ialah Ainun Najib, Dea Karika Sari, Dewi Fitriani, Ishaq, dan Gesbi Rizqon. Kami selesai mengajar pukul 17.00, setelah melaksanakan semua kegiatan kamipun beristirahat sambil menunggu waktu maghrib dengan bercengkrama. Setelah sholat maghrib, kamipun kembali melanjutkan kegiatan yang biasanya kami lakukan yaitu ngelesi adek-adek SD/MI yang berlangsung dari habis maghrib sampai jam 19.30 WIB. Akan tetapi tidak semua dari kami ngelesi adek-adek, sebagian dari kami ada yang melakukan kegiatan rutin di Dusun Gasek Kulon, yaitu untuk yang putri tahlilan yang dilaksanakan di rumah warga.


coded by muchad with <3