Aksi untuk Bumi

NOVITA ESTININGTIYAS
17620054 . G.91.2020 . 4 years ago

Tak asing lagi mendengar bumi mulai rapuh. Bumi yang dulunya asri dengan segala biodiversitas flora dan faunanya, tapi untuk saat ini bumi tak lagi seperti itu. Kejadian-kejadian yang tak terduga telah banyak terjadi akhir-akhir ini. Misalnya, penebangan hutan yang sewenang-wenang dan kebakaran hutan yang menyebabkan jutaan lahan hutan habis. Akibat dari kebakaran hutan yang terjadi, flora fauna yang terdapat didalamnya turut berkurang. Oleh karena itu, adanya sebuah kegiatan kecil yang diselenggarakan oleh kelompok KKM 91 untuk membantu bumi agar kembali asri yaitu “Aksi Tanam Pohon”.

Aksi tanam pohon dilakukan di Balai Desa Sawahan pada Hari Sabtu tanggal 11 Januari 2020 yang diikuti oleh siswa-siswi Paud dan Taman Kanak-Kanak di Desa Sawahan Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Tempat penanaman pohon tidak hanya di Balai Desa melainkan di lahan-lahan kosong milik warga yang telah diizinkan untuk ditanami beberapa jenis pohon. Tak asal menanam pohon, siswa-siswi Paud dan Taman Kanak-Kanak juga diajari bagaimana cara menanam pohon dengan baik begitu pula manfaat serta fungsi dari menanam pohon bagi bumi yang telah mulai rapuh. Antusias siswa-siswi Paud dan Taman Kanak-Kanak dilihat dari semangat mereka dalam menanam pohon. Kegiatan ini juga bermaksud mengenalkan kepada siswa-siswi Paud dan Taman Kanak-Kanak betapa pentingnya pohon dan hutan bagi keberlanjutan kehidupan di bumi serta manfaat dan fungsi dari pohon untuk bumi.

Kegiatan aksi tanam pohon tak hanya diikuti oleh siswa-siswi Paud dan Taman Kanak-Kanak, melainkan juga didukung oleh warga sekitar untuk turut membantu menanam pohon. Bibit yang tersedia begitu banyak dengan berbagai jenis tumbuhan menjadi daya tarik tersendiri bagi warga sekitar. Terutama bibit buah-buahan yang paling banyak diminati oleh para warga. Kegiatan berjalan dengan lancar atas bantuan dari berbagai pihak seperti Perhutani yang telah memberikan bibit secara cuma-cuma, Bapak Wahyudi S.T selaku Kepala Desa Sawahan yang memberikan support penuh untuk kegiatan aksi tanam pohon, dan dukungan dari berbagai elemen masyarakat Desa Sawahan Kecamatan Turen Kabupaten Malang.


coded by muchad with <3