Artikel

FIRDA NUR ANNISA
17510236 . G.38.2020 . 4 years ago

Jamu Bubuk Tradisional.

Jamu merupakan obat tradisional yang dipercaya mujarab oleh masyarakat indonesia untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Terbuat dari bahan alami,berupa tumbuhan seperti akar, daun-daunan, batang dan buah. Jamu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kita.

Pada saat ini jamu kembali populer dengan inovasi baru berupa jamu bubuk seduh. Yang mana memudahkan kita untuk mengkonsumsi nya. Tinggal menyeduh bubuk jamu kita bisa menikmati khasiat jamu alami tersebut.

Pada tanggal 18 januari 2020 kelompok kkm 38 mendatangi rumah warga desa sepanjang dusun kasin yang memproduksi jamu. Teman teman kkm pun ikut menyaksikan proses pembuatan jamu tersebut. Di mulai dari memeras dan meleburkan bahan bahan alami lalu di tambahkan air.

Setelah larut dalam air maka di diamkan agar ampas jamu mengendap dan yang di pakai adalah sari nya. Air yang berada diatas endapan itulah yang kemudian di rebus hingga mendidih kemudian di tambahkan gula sesuai takaran. Kemudian terus di aduk sampai pada akhirnya airnya surut dan menjadi bubuk jamu. Setelah menjadi bubuk proses selanjutnya adalah mengayak bubuk jamu tersebut agar mendapat bubuk yang halus. Setelah di ayak , bubuk jamu yang telah halus dapat di kemas dan di timbang sesuai takaran kemasan.

Jamu yang di jual dalam bentuk bubuk tersebut memiliki berbagai varian rasa dan manfaat. Antara lain :

1. Beras Kencur

Jenis jamu yang satu ini adalah yang paling populer di kalangan masyarakat. Biasanya sih, orang-orang meminumkan beras kencur pada anak mereka agar lebih nafsu makan. Komposisi alaminya terbuat dari beras, kencur, jahe dan gula merah. Bahan-bahan lain adalah biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo dan lain-lain. Khasiatnya selain menambah nafsu makan juga untuk membuat tubuh lebih bugar dan meredakan pegal-pegal.

2. Temulawak

Jamu dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan pegal-pegal dan gejala masuk angin. Jamu ini terbuat dari temulawak yang di tambahkan dengan asam jawa gula aren, daun pandan.

3. Kunyit Asem

Jamu ini dapat meredakan nyeri pada saat haid, selain pereda nyeri jamu ini dapat membantu menyerahkan kulit dan membantu menghilangkan bau badan . Jamu ini dibuat dari kunyit dan asam jawa yang di beri tambahan rempah.


coded by muchad with <3