Belajar mengaji bersama anak Desa Glanggang

NUGROHO WAHYU NOVY SRI SUWAN DEWI
17220131 . G.159.2020 . 4 years ago

Mengajar di TPQ merupakan salah satu proker dalam kelompok kami. Tempat KKM kita berada di Desa Glanggang terletak di Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Dalam pembagian wilayahnya Desa Glanggang terbagi menjadi 4 (empat) dusun yaitu Dusun Margahayu, Dusun Krajan Glanggang, Dusun Darungan, dan Dusun Karang Tengah. Serta terbagi dalam 30 RT dan 9 RW, diantaranya : Dusun Margahayu meliputi RT 01 dan 02. dusun ini terkenal dengan hasil gerabahnya yang sudah dikirmkan kebeberapa kota besar yang ada di Jawa Timur. Dusun Krajan Glanggang meliputi RT 02 sampai 13 dan RW 02,03, dan 04. Dusun ini dikenal sebagai dusun penghasil tempe, hal ini disebabkan banyaknya home industry tempe yang tersebar diseluruh dusun. Selain pengusaha tempe terdapat pula petani dengan pengrajin sepatu di dusun ini . dusun Karang Tengah merupakan dusun yang unik dimana dusun ni warganya beragama Hindu tetapi mereka sangat ramah dan saling menjaga kententraman antar umat beragama .

Kami beranggotakan 15 orang yang di bagi dalam 3 TPQ di Desa Glanggang, yaitu bertempat di TPQ Nurul Huda, TPQ Darussalam dan TPQ Al-hikmah.Sistem mengajinya adalah peserta didik dikelompokkan menjadi beberapa kelas, mulai dari siswa yang paling kecil kelas satu sampai dengan kelas tertinggi yakni kelas enam, dan setiap kelasnya berisi siswa siswi sesuai dengan kemampuan (berdasarkan jilid). Sebelumnya mereka dipandu oleh masing-masing guru kelas, baru setelahnya terserah pendamping kelasnya, mungkin bisa dibaca bersama-sama sampai setoran membaca satu persatu ke depan. Ada beberapa hal yang diperoleh siswa dan siswi tersebut adalah dengan kebiasaan mereka mengaji menjadikan mereka mahir dalam membaca Al Qur’an dengan baik dan juga benar. Tentunya dengan berbagai macam kemampuan anak dalam mengaji. Adik adik Desa Glanggang sangat bersemangat mengikuti kegiatan yang ada di TPQ salah satunya menghafal surat-surat pendek yang ada di Al-Qur`an.

Mereka juga kita ajarkan kedisiplinan agar tidak berisik, bercanda, di dalam kelas. Untuk siswa siwi yang membuat keraimaian maka akan di pulangkan terakhir setelah mereka melakukan hukum yaitu membaca surat surat pendek. Pentingnya kedisiplinan sejak dini untuk anak agar mereka terbiasa hidup tertata dan teratur. 

5e2e92682a95bfa82d4efc16b.jpg




coded by muchad with <3