INTEGRASI ASPEK SOSIAL, EKONOMI, AGAMA & KESEHATAN DALAM UPAYA PENINGKATAN POTENSI MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN KKM-DR UIN MALANG 2021/2022

FAYOLA ISSALILLAH
19910037 . G.37.2022 . 2 years ago

Kuliah Kerja Mahasiswa Dari Rumah (KKM-DR), sebagai implementasi pengetahuan dan bentuk pengabdian seluruh mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kepada masyarakat, telah terlaksana tahun ini pada 27 Desember 2021 - 27 Januari 2022. Ribuan mahasiswa yang tersebar di kelompok kecil yang terdiri dari 15 orang bergerak di berbagai daerah di seluruh penjuru Indonesia. KKM-DR menjadi jalan upaya peningkatan kualitas kehidupan masyarakat yang mandiri, maju, dan sejahtera selama masa pandemi Covid-19 sesuai bentuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kelompok KKM G.37 terbentuk dan menjadi ujung tombak dalam mencapai tujuan dari kegiatan KKM-DR. Pelaksanaan kegiatan terpusat di Kota Surabaya serta menyebar ke Kota Baru, tepatnya Dusun Krajan Lor, RT 05/RW 06, Desa Tlekung, Kota Batu. Kelompok BANGSA lahir dari bagian kelompok KKM G.37 dengan misi utama berkontribusi pada masyarakat demi bangsa yang lebih maju.

Kami bergerak sesuai dengan tema KKM-DR UIN Malang 2021/2022 “Moderasi Beragama dan Peningkatan Sosial Ekonomi Masyarakat”. Konsep Asset Based Community Development (ABCD) digunakan sebagai pedoman program kerja untuk memunculkan kekuatan/potensi masyarakat di wilayah tersebut. Setiap kegiatan yang dilakukan terbagi menjadi 5 tahap, yaitu DISCOVERY potensi wilayah, DREAM target yang akan dicapai, DESIGN kegiatan yang dapat dilaksanakan yang melibatkan peran aktif masyarakat serta DESTINY rencana tindak lanjut dalam memantau target yang diharapkan dan ditutup dengan REFLEKSI Evaluasi setiap kegiatan dan target yang telah dilakukan, potensi tambahan yang muncul dan membaca kemungkinan tingkat kesuksesan kegiatan.


Kegiatan yang dilakukan KKM-BANGSA memiliki 4 tema utama, yaitu:

PENGEMBANGAN POTENSI WISATA COBAN PUTRI

Tema ini mewakili sosialisasi peningkatan sosial ekonomi masyarakat dimana KKM-DR UIN Malang ingin menggali lebih dalam potensi wisata dari Coban Putri. Tempat wisata ini bagaikan Mutiara tersembunyi milik dusun tlekung dengan keindahan yang tidak kalah dengan tempat wisata lain di Kota Batu. Kami menilai bahwa masih kurangnya promosi terhadap tempat wisata ini dari pihak pengelola sehingga jumlah pengunjung yang datang kurang maksimal. Kegiatan kami selama 2 hari di tempat tersebut terdiri dari pengambilan video dan gambar sebagai bahan pembuatan iklan promosi yang akan disebat di Instagram, Tiktok serta media sosial lainnya. Video tersebut berisi keindahan dari Coban Putri dan failitas-fasilitas yang ditawarkan disana. Kami juga bekerja sama dengan @infokotabatu, salah satu platform promosi wisata-wisata Kota Batu di Instagram, serta menggugah di setiap akun anggota kelompok sehingga promosi memiliki cangkupan yang lebih luas hingga seluruh Indonesia. Selain itu, kami juga meningkatkan sisi sosial dengan melakukan operasi semut atau dikenal dengan kerja bakti menyusuri Coban Putri bersama-sama sambil mengumpulkan sampah yang ditemukan yang disertai dengan menghimbau setiap pengunjung yang datang untuk membuah sampah di tempat dan menjaga kebersihan di tempat tersebut.

PENINGKATAN KESADARAN NASIONALISME & KEAGAMAAN TPQ Al-IKHLAS

Dikarenakan SDN Tlekung 2 libur selama kegiatan KKM-DR ini, tema moderasi beragama ini dilakukan pada TPQ Al-Ikhlas. TPQ ini memiliki peserta didik 70-80 orang dan buka pada hari Senin hingga Jumat pada pukul 15.00. Kegiatan KKM-DR di tempat ini terdiri dari mengajar ngaji yang dilakukan setiap hari senin, rabu da jumat. Selain itu, kami juga memberikan selingan yaitu bercerita kisah nabi dan edukasi tentang nasionalisme dengan bahasa yang mudah dipahami dan menyenangkan untuk anak-anak. Kegiatan kami ditutup dengan lomba mengaji, adzan dan mewarnai. Anak-anak sangat antusias mengikutinya serta bahagia hingga sesi pengumuman juara. Sebagai penutup paling akhir, kami melakukan sesi foto bersama. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa nasionalisme serta beragama yang kuat pada jiwa-jiwa muda yang akan memimpin bangsa di masa depan.

PEMBERDAYAAN UMKM KELOMPOK WANITA TANI & SAPI PERAH

Selain Wisata Coban Putri, Dusun Krajan Lor juga memiliki UMKM Kelompok Wanita Tani. Kami memberdayakan UMKM ini dari segi promosi karena masih belum maksimal sama halnya dengan Wisata Coban Putri. Salah satu UMKM yang kami bantu dalam promosinya yaitu UMKM kerajinan bambu. Promosi kali ini, kami juga menggunakan media sosial instagram dimana kami sebelumnya telah mengunjungi UMKM tersebut dan belajar serta melihat secara langsung bagaimana cara pemilihan bahan hingga cara pembuatannya sampai jadi suatu produk berupa tas anyaman. Selanjutnya, proses tersebut kami dokumentasikan lalu kami posting di instagram bersama dengan foto hasil anyaman bambunya lalu masing-masing idnvidu dapat me-repost postingan tersebut agar UMKM yang kami promosikan bisa semakan dikenal tidak hanya oleh followers dari akun KKM-DR kami tetapi juga dari akun kami masing-masing.

UMKM selanjutnya yaitu UMKM jambu kristal. UMKM ini memiliki hasil yang melimpah dan tanaman subur sepanjang musim. Kami mengedukasi kepada para pedagangnya untuk bisa mulai mempromosikan jambu kristal ini di platform platform marketplace yang saat ini juga sedang booming seperti shoppe dan juga tokopedia. Diharapkan dari penyuluhan yang kai adakan masyarakat akan lebih mengerti mengenai tatacara untuk menggunakan marketplace tersebut sehingga usaha jambu kristal ini akan dapat lebih berkembang dan lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Selain itu, kami juga membantu dalam proses penanaman dari tanaman jambu kristal tersebut sekaligus kami juga dapat belajar ahlinya mengenai penanaman jambu kristal ini hingga proses perawatan dan juga proses panennya

UMKM terakhir adalah Sapi Perah. Pekerjaan ini menjadi mata pencarian terbanyak dari warga Dusun Krajan Lor. Kami membantu setiap hari di rumah warga yang memiliki sapi dengan cara membersihkan kotoran sapi, memberi makan hingga membantu mengambil susu sapi. UMKM ini sudah lebih berkembang dari UMKM lain karena memiliki tempat pasteurisasi susu yang telah bekerja sama dengan pengelola produk susu sapi di berbagai tempat di Kota Batu.

PENCEGAHAN COVID-19 BESERTA KOMORBID PADA MASYARAKAT

Pandemi COVID-19 masih berlanjut begitu juga KKM-DR kami. Dengan latar belakang pendidikan kedokteran, kami melakukan beberapa kegiatan dengan tujuan utama menekan faktor risiko SARS-CoV-2 di Dusun Krajan Lor. Pertama, kami membantu kegiatan vaksinasi di SDN Tlekung 1 dan SDN Tlekung 2. Edukasi pencegahan COVID-19 tidak lelah kami lakukan kepada anak-anak beserta orang tua yang mendampingi. Kedua, kami juga menargetkan edukasi COVID-19 pada anak-anak TPQ Al-Ikhlas dengan cara menyenangkan dari pentingnya cuci tangan. Video cuci tangan Baby Shark, trik sulap cara kerja hand-sanitizer dilakukan untuk menambah pengetahuan. Tidak lupa, kami melakukan dongeng “Siapakah Mr.COVID” dan “Dokter Cilik” yang melibatkan peran aktif dari anak anak sehingga mereka paham tentang materi tersebut. Ketiga, orang tua Dusun Krajan Lor menjadi target kami kali ini. Hipertensi sebagai komorbid COVID-19 menjadi tema utama dalam sosialisasi “Rumah Sehat” yang berlangsung selama 2 hari. Kami melakukan pemeriksaan kesehatan keliling dusun yang terdiri dari pemeriksaan tekanan darah, kadar kolesterol dan gula darah sembari mengedukasi tentang COVID-19 dan hipertensi menggunakan pamphlet. Selain itu, kami juga mengamati lingkungan rumah dan mengedukasi tentang rumah sehat yang dapat mencegah dari penyebaran COVID-19. Kerja bakti dengan warga Dusun Krajan Lor dilakukan untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.

Kegiatan KKM-DR ini tidak terasa telah berakhir dan masih ada beberapa kegiatan yang dibahas dalam tulisan ini. Banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan selama berinteraksi dengan masyarakat desa yang tidak pernah saya temukan pada kehidupan Kota Surabaya. Pengalaman tersebut tidak akan hilang dan menjadi suatu cerita yang masih akan terjaga dalam Instagram @kkmbangsa. Saya ingin berterima kasih kepada seluruh pengajar di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah merancang kegiatan ini. Selain itu, terima kasih Bapak dan Ibu Kepala Dusun yang telah merangkul dan menimang kegiatan KKM-DR ini. Semoga kegiatan KKM-DR UIN Malang 2021/2022 dapat memberikan dampak yang berarti dan mencapai tujuan yang diinginkan.

 

 

 

 

Alhamdulillah
Keep Moving Forward – Fayola Issalillah ft.Walt Disney


coded by muchad with <3