KEREN, SEBELUM MENGAMBIL RAPORT, KKM 106 DAMPINGI TPQ HIDAYATUSY SYIBYAN ISTIGOSAH

YUDISTIRA ABDI RIZKI
200203110012 . G.106.2023 . 1 year ago

Jum'at, 23 Desember 2022 bertempat di gedung aula Hidayatush Syibyan Pukul 09.00 s.d Selesai, Sukses laksanakan "Istigosah Bersama" guna pengambilan raport akhir tahun di semua jenjang pada yayasan pendidikan Islam Hidayatush Syibyan yang meliputi RA, MI TPQ dan Madrasah Diniyah atau Madin. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Tahun ini disambut dengan istimewa karena kedatangan kakak-kakak KKM atau Kuliah Kerja Mahasiswa dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Kelompok 106. 



Kegiatan Istighosah pun dihadiri oleh Kepala Yayasan pendidikan Hidayatus Shibyan yakni Ustadz Iswanto, Kepala MI Darussalamah ustadz Muhari Abror, Kepala sekolah RA dan Kepala TPQ Ustadzah Nurul Hidayah, Segenap Dewan guru dan wali santri serta KKM 106 UIN Malang.



Sebelum Istigosah, Acara tersebut dibuka oleh pembawa acara yang pada kesempatan ini oleh Saudari Hanum. Dilanjut dengan pembacaan Qiroah oleh Saudara Anas, Selanjutnya Istigosah dipimpin oleh Ustadz Iswanto. Harapan pun di ucapkan oleh pimpinan Yayasan ini. Selain semoga murid murid ingin diberikan ilmu yang bermanfaat oleh yang maha kuasa, tetapi juga beliau mempunyai hajat yaitu ingin membangun gedung MI berlantai 3 yang pada saat itu juga dikatakan semoga KKM 106 UIN Malang bisa membantu untuk dibuatkan desain gedung tersebut.



Setelah Istigosah, mulailah Sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama dari kepala MI Darussalamah yaitu Ustadz Muhari Abror dalam sambutannya beliau mengatakan tentang pentingnya mencari ilmu dan mendukung para anak untuk mencari ilmu.



"Yang dinamakan wali santri itu adalah ibu dan bapak sekalian. Tapi kok setiap yang hadir di berbagai acara mesti ibu-ibu, bapak-bapak cuman 3 tok, kenapa? Karena ibu-ibu itu sregep aslinya, makanya dalam mencari ilmu dibutuhkan saling mendukung dalam membimbing anaknya". Ungkap Ustadz Abror sambil bercanda.



Setelah sambutan Kepala Madrasah MI dilanjutkan dengan Kepala Ra dan kepala TPQ ustadzah nurul hidayah, dalam sambutannya beliau mengemukakan tentang metode pembelajaran tahun pembelajaran tahun depan dan biaya-biaya yang harus dikeluarkan demi kelancaran dan kelangsungan kegiatan belajar Mengajar.



Setelah penyampaian sambutan dari kepala RA, dilanjutkan dengan sepatah dua patah dari KKM 106 UIN Malang yang pada kesempatan ini dipimpin oleh Yudistira Abdi Rizki, Selaku Ketua Kelompok 106. Beliau mengatakan terkait selayang Pandang KKM.

Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKM di kampus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang sendiri biasanya berlangsung sekitar 5 Minggu atau sekitar 35 Hari yang bertempat di Kabupaten Malang. Kegiatan KKM ini menjadi salah satu standard kelulusan bagi mahasiswa UIN Malang, dengan harapan mahasiswa dapat mengaplikasikan segala ilmu dan teori yang didapatkan selama proses perkuliahan ke dalam lingkungan masyarakat. Di tahun 2022 ini, terdapat Ratusan kelompok dan Ribuan Peserta yang ikut serta dalam program KKM yang diselenggarakan oleh pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Malang. 



"Kami Kelompok 106 KKM UIN Malang tentunya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak ibu semuanya yang telah menyambut kami dengan meriah dan ramah. Kami insyaallah akan mengabdi di desa ini selama 5 Minggu yakni tepatnya sampai 22 Januari 2023" ungkap Yudistira dalam sambutannya.



Harapan pun disampaikan diakhir kegiatan. "Semoga adanya mas mba KKM ini dapat menambah semangat dan tentunya mendapatkan ilmu yang bermanfaat selama pengabdian disini" Ungkap Bu Nurul wali santri.



Setelah sambutan sambutan, acara Istigosah pun ditutup dengan pembacaan Doa oleh ustadz tabi'in riyanto yang setelah itu dilanjutkan dengan pembagian raport.




coded by muchad with <3