KKM - DR Bojonegoro, Desa Kauman, Baureno, Dalam Usaha Perekonomian Budidaya dan Pemanggangan Ikan Lele Desa Kauman

SITI HANIMATUL KHOIRINA
19680001 . G.57.2022 . 2 years ago

Gambar: Budidaya Ikan Lele



Kelompok KKM - DR desa Kauman, Baureno, Bojonegoro, berkesempatan kegiatan di salah satu desa yang berada di Kabupaten Bojonegoro, yakni Desa Kauman. Dimana, desa tersebut memiliki usaha perekonomian perikanan dan budidaya ikan lele yang hampir merata setiap Dusun nya. Pada minggu pertama, Kelompok KKM - DR Desa Kauman, Mengikuti berbagai kegiatan dalam budidaya ikan lele, diantaranya adalah kami mengunjungi dan berbagi informasi oleh warga masyarakat Desa Kauman, yang juga kebetulan salah satu pengurus budidaya lele terbesar di Bojonegoro, yakni tepatnya di Kecamatan Kapas. Pada saat berkunjung di rumah warga masyarakat Desa Kauman yang memiliki budidaya ikan lele, yakni terdapat kolam pembibitan anakan ikan lele, kolam pembesaran ikan lele, hingga ikan lele yang siap panen. disana, kami berkesempatan melihat pembeli yang sedang membeli ikan untuk kemudian di olah maupun dipasarkan di pasar terdekat Desa Kauman.


Gambar: Ikan Lele Panggang Desa Kauman

Kegiatan selanjutnya, yakni di minggu ke dua, kelompok KKM - DR Desa Kauman berada di rumah salah watu warga Desa Kauman yang memiliki usaha pemanggangan ikan lele, dimana kami ikut serta membantu proses penyujenan atau penusukan ikan lele di media bambu sebagai alat untuk memanggang ikan, kemudian kami membantu proses pemanganggangan ikan lele di atas arang atau batok kelapa dan jika sudab dirasa matang, ikan lele panggangan diangkat dan disusun berdiri tidak boleh mengenai alas bawah agar ikan tetap terjaga kebersihannya. Selanjutnya, pada minggu ketiga, kami mengunjungi budidaya ikan lele di Kecamatan Kapas, kami diajak melihat banyak kolam budidaya ikan lele dengan fasilitas lengkap, lalu kami membantu proses pembuatan pakan formula, yang dicampur dan diaduk dengan tangan. Lalu, kami membantu proses pemberian pakan ikan lele di kolam. Budidaya ikan lele dan pemanggangan ikan lele di Desa Kauman tersebut, mampu meningkatkan potensi ekonomi di Desa Kauman, dan menjadi pemasok ikan lele bagi desa dan pasar.

Kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan Kelompok KKM - DR Desa Kauman ini adalah kegiatan budidaya dan pemanggangan ikan lele adalah salah satu produktivitas yang dimiliki oleh warga masyarakat Desa Kauman, dimana terdapat salah stu warga yang menjadi pengurus disalah satu budidaya lele terbesar di Kecamatan Kapas, yang dapat menjadi tambahan pedoman bagi masyarakat Desa Kauman untuk terus maju dan berkembang dimasa sekarang dan mampu menjadi sektor ekonomi yang memadai bagi masyarakat Desa Kauman sendiri maupaun masyarakat Desa lainnya. Kelompok KKM - DR Desa Kauman mengikuti kunjungan ke salah satu rumah warga yang mempunyai budidaya lele dan ikut mempelajari proses pembibitan ikan lele , lalu ikut serta membantu salah satu warga masyarakat desa kauman memanggang ikan lele dan ikut membantu proses penuyujenan atau penusukan ikan lele hingga kemudian dijual ke pembeli yang rata - rata adalah penjual di pasar, kemudian kelompok KKM - DR Desa Kauman juga ikut serta membantu proses peracikan atau pencampuran formula pakan ikan di Kecamatan Kapas dan membantu pemberian pakan dikolam lele. kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan baik, serta mampu menambah informasi dan pengetahuan seputar budidaya lele dan pemanggangan ikan lele. 



Oleh : Siti Hanimatul Khoirina_19680001_Perpustakaan dan Ilmu Informasi_ DPL ( Asis Wahyudi, M.Pd) Group 57



coded by muchad with <3