Laporan kegiatan

MOCH. ALI REZA PAHLEVI
15310170 . G.254.2017 . 7 years ago

Pengalaman di Banjarejo

Pada tanggal 4 Juli, pukul 10.00 kelompok kami memulai perjalanan ke kecamatan ngantang tepatnya desa banjarejo. Sebagian dari kami menggunakan mobil dan sebagian yang lain menggunakan sepeda motor. Perjalanan ditempuh dengan waktu kurang lebih 3 jam. Kami sampai ke lokasi KKM kami pada pukul 13.00. Saya sendiri menggunakan sepeda motor untuk sampai ke lokasi, dan saya baru sampai lokasi pada pukul 19.00 karena saya masih mempunyai hajat di malang.

Sesampainya disana teman teman sudah menunggu karna saya yang paling terakhir datang. Saya pun bergegas berganti pakaian, saya menggunakan sarung dan juga baju koko yang saya bawa. Setelah selesai, kami langsung berkumpul dan menuju rumah Kepala Desa. Kami menjelaskan maksud dan tujuan kami datang ke desa tersebut. Nama Kepala Desa nya adalah Pak Johan. Orangnya ramah dan terlihat masih muda. Kami disambut dengan hangat olehnya dan juga istrinya. Selesai silaturahmi dengaan belian kami pun izin untuk kembali ke tempat dimana kami menginap.

Pada tanggal 5 Juli, kegiatan kami dimulai dengan solat subuh berjamaah di Masjid Miftahul Falah. Setelah selesai solat kami berkumpul di tempatt anak perempuan menginap. Kelompok kami berjumlah 12 orang, 7 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Pada hari pertama ini mungkin kamu tidak baynyak bercanda ataupun mengobrol, mungkin masih ada rasa canggung karna kami tidak saling kenal pada awalnya. Di tempat perempuan , kami sarapan bersama.

Setelah sarapan anak laki-laki kembali ke tempat menginap dan bersiap siap untuk pembukaan di Masjid Jami’ Baitu Ar-rahman.

Pembukaan berlangsung dengan khidmat dan tertib. Dihadiri oleh sekertaris kecamatan ngantang , para tamir dari desa desa yang ada di kec.ngantang , ada beberapa kepala desa dan juga para pembimbing mahasiswa KKM. Inti dari acara hari ini mereka menyambut mahasiswa KKM UIN dengan senang hati. Acara ditutup dengan doa , dan masing masing kelompok kembali ke masing masing desa yang telah ditentukan.

Pada tanggal 6 Juli, seperti biasa kegiatan kamu dimulai dengan solat subuh berjamaah di masjid dan sarapan bersama di tempat anak perempuan menginap. Setelah itu pada hari ini sekitar jam 9 pagi kami mengunjungi posyandu yang bertempat di balai desa. Para staf posyandu menyambut kami dengan hangat. Kami banyak mengobrol dengan ibu ibu di tempat itu. Setelah itu kami diajak makan bersama dengan para staf. Disana juga ada ibu kades.

Setelah makan bersama selesai kami membantu merapihkan balai desa tersebut. Setelah itu kami pulang untuk beristirahat sejenak.

Mungkin kami belum banyak kegiatan karena kami baru sampai dan masih harus bersilaturahmi dengan para tetangga sekitar untuk memperkenalkan diri kami dan maksud kedatangan kami disana.

Pada tanggal 7 Juli, kegiatan hari ini kami mengunjungi rumah ta’mir masjid, beliau bernama Pak Somahudim, beliau menyambut kami dengan hangat dan senang dengan kedatangan kami. Kami banyak mendapat bantuan dari ta’mir masjid kami. Beliau banyak memberi kami masukan dan bantuan yang tentunya sangat berguna bagi kami.

Pada tanggal 8 Juli, kegiatan kami hari ini adalah silaturahmi ke ketua RT 7. Kami menjelaskan maksud kedatangan kami, dan beliau senang mendengar bahwa kami mempunyai program untuk meramaikan masjid. Dan kami juga mennyampaikan kalau kami akan melakukan pendataan di RT 7. Beliau membantu kami dengan memberikan beberapa KK (kartu keluarga) untuk kamu jadikan bahan acuan pendataan kami.

Pada tanggal 9 Juli, hari ini kami bersilaturahmi ke ketua RT 5. Yang kami bicarakan sama dengan apa yang kami bicarakan dengan ketua RT 7 dan beliau memberikan bantuan yang sama juga.

Pada tanggal 10 Juli, pada pagi hari sekitar pukul 06.30 kami bersama sama mendatangi perternakan sapi. Disana kami memerah susu sapi. Di lain sisi kami juga ingin meliat potensi perekonomian desa tersebut.

Siang harinya kami mendatangi rumah ta’mir untuk berkonsultasi beberapa hal, termasuk program kerja kami.

Pada tanggal 11 Juli, hari ini kegiatan kami dimulai pada malam hari yaitu pembentukan posdaya. Kami mengundang para tokoh masyarakat setempat.

Kegiatab dibuka dengan sambutan dari ketua kelompok kami. Dia juga menjelaskan maksud kedatangan kami dan beberapa program kerja yang akan kami laksanakan di desa tersebut.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ta’mir dan juga sekaligus beliau menunjuk beberapa orang untuk menjadi pengurus posdaya. Acara selesai pada pukul 22.00

Pada tanggal 12 Juli, pada siang hari kami bersama sama datang ke rumah DMI. Rumahnya ditempati oleh kelompok KKM 2 . Kedatangan kami untuk berkonsultasi tentang program kerja kami.

Pada tanggal 13 Juli, hari ini dimulai nya pendataan sekaligus pemetaan. Dimulai dari ketua RT 7.

Pada tanggal 14 Juli, keguatan hari ini tidak banyak. Hanya setelah magrib kami mengadakan pembelajaran mengaji untuk lansia. Hanya ibu ibu saja yang mengaji dengan kami.

Pada tanggal 15 Juli, sore hari kami bersama sama membersihkan masjid untuk acara halal bi halal yang akan dilaksanakan pada malam harinya.

Malam harinya dilaksanakan acara halal bi halal oleh warga setenpat.

Pada tanggal 16 Juli, pada pagi hari, ibu nikmah sekaligus DPL kelompok kami datang berkunjung ke tempat kami untuk evaluasi dan monitoring dan juga memberikan arahan arahan untuk kami.

Pada tanggal 17 Juli, hari ini kami mengunjungi rumah DMI lagi untuk mengkonsultasikan niat kami untuk berkerjasama dengan R.S Madinah. Tujuan dari kerjaaama ini adalah untuk mengadakan program cek kesehatan untuk para jamaah di masjid miftahul falah.

Pada tanggal 18 Juli, kami mendatangi rumah ta’mir masjid untuk mengkonsultasikan niat kami untuk membantu mengajar tpq. Dan beliau memberikan kami beberapa masukan.

Pada tanggal 19 Juli, laki laki tidak ada kegiatan yang terlalu penting dan perempuan mempunyai kegiatan di sore hari yaitu tahlil di RT 4 dan RT 5 

Pada tanggal 20 Juli, kami bersama sama berangkat menuju R.S Madinah untuk bersilaturahmi dan mengajukan surat kerjasama yang telah ditandatangin oleh DMI. 

Pada tanggal 21 Juli, pada pagi hari kami mendatangi rumah ketua posdaya yang telah kami bentuk untuk mengkonsultasikan tentang rencana kami yang akan mengadakan cel kesehatan di desa setiap selesainsolat jumat.

Siang harinya kami mulai membantu mengajar di tpq setempat. Kebanyakan anak anak yang mengaji adalah anak anak sd.

Lalu setelah magrib kegiatan kami adalah mengajar ngaji untuk lansia.

Pada tanggal 22 dan 23 Juli, tidak banyak kegiatan. Kami hanya fokus untuk mengajar di tpq dari jam 13.00 sampai jam 20.00.

Pada tanggal 24 Juli, siang hari sampai sore hari kami membantu mengajar di tpq. Dan setelah magrib kami dibagi menjadi dua kelompok , satu untuk membantu di tpq dan yang satunya untuk mengajar lansia mengaji di masjid.

Pada tanggal 25 Juli, kegiatan kami masih sama hanya membantu mengajar di tpq.

Pada tanggal 26 Juli, pada hari ini kami bersama sama mendatangi SD 01 banjarejo. Kami bertemu dengan kepala sekolah tersebut dan membicarakan maksud kadatangan kami yang berencana membantu mengajar di sekolah tersebut. Kepala sekolah dan para guru pun menyambut kedatangan kami dengan baik dan memberikan kami beberapa buku untuk kami agar kami mempelajari materi yang akan diajarkan kepada anak anak.

Siang harinya kegiatan kami dilanjutkan dengan membantu di tpq lalu dilanjutkan dengan pembacaan tahlil untuk putra dan putri.

Pada tanggal 27 Juli, hari ini kegiatan pertama kami di mulai di SD 1 banjarejo. Pukul 07.00 kami bersama sama datang ke sekolah untuk membantu. Kami dibagi menjadi 3 kelompok. Kolmpok pertama mengajar kelas 2 , kelompok kedua mengajar kelas 3 dan terakhir mengajar kelas 4.

Siang hari sampai malam harinya kami membantu di tpq.

Pada tanggal 28 sampai 1 Agustus, kegiatan hari ini masih sama yaitu pagi mengajar sd. Siang mengajar di tpq dan malam harinya mengajar lansia.

Pada tanggal 2 Agustus, pagi harinya kami berangkat ke sekolah bersama sama. Berbeda dari biasanya, maksud kedatangan kami adalah untuk mengadakan perpisahan dengan SD. Yang mewakili kami berbicara di depan guru guru dan para murid adalah ketua kelompok kami.

Siang harinya kami membantu di tpq lalu dilanjutkan dengan mengikuti tahli putra di RT 7 dan tahlil putri di RT 4 dan 5.

Pada tanggal 3 Agustus, agenda kami hari ini adalah perpisahan dengan tpq tempat kami mengabdi. Acara di mulai sore hari sampai dengan magrib.

Setelah magrib , putra mengikuti tahlil yang diadakan di tempat Haji Suwarno, beliau adalah orang yang memberikan anak laki laki tempat menginap.

Pada tanggal 4 Agustus, pagi hari sampai siang hari kami mendatangi rumah rumah para pengurus posdaya untuk bersilaturahmi dan pamitan. Kami menyampaikan maaf kami dan terima kasih kami kepada mereka atas bantuan yang telah mereka berikan kepada kami.

Malam harinya kami menyelesaikan dan menyempurnakan pemetaan yang kamu buat.

Pada tanggal 5 Agustus, hari ini adalah perpisahan kami dengan warga banjarejo. Pagi hari kami berangkat ke masjid jami’ baitu Ar-rahman untuk menghadiri acara penarikan mahasiswa KKM dari kecamatan ngantang. Acara berlangsung dengan rapih. Dan inti dari sambutan sambutan tokoh masyrakat adalah berterima kasih karna kedatangan mahasiswa KKM di kecamatan ngantang. Setelah acara selesai kami kembali ke desa dan berpamitan dengan para warga. Acara ditutup di rumah tempat putra menginap dengan makan bersama.




coded by muchad with <3