Menguak PotensiGeografis Desa Bokor Kecamatan Tumpang

MUHAMMAD TAUFIQUL `IBAD
17170035 . G.112.2020 . 4 years ago

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi-potensi yang dimiliki Desa Bokor melalui letak geografisnya. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threath). Dengan analisis ini dapat mengetahui potensi desa dalam berbagai paradigma tidak hanya menganalisis dari segi kekuatan desa tapi dari segi kelemahan letak geografis desa tersebut. Dan juga analisis ini dapat memudahkan dalam menentukan strategi dalam pengembangan potensi desa yang berdampak pada berbagai segmen yang ada di desa Bokor Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang.

Perlu diketahui potensi desa sangat mempengaruhi dalam proses pengembangan dan pembangunan desa tersebut. Dalam UUD 1945 pembangunan adalah upaya untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh kehidupan masyarakat, bangsa, dan Negara untuk tercapainya tujuan nasional. Desa memiliki peranan penting dalam upaya pembangunan nasional dikarenalan penduduk Indonesia cenderung bermukim di wilayah pedesaan sehingga hal tersebut memberikan pengaruh yang cukup besar dalam upaya penciptaan stabilita nasional (Sa`dullah). Posisi desa dinilai strategis dalam pembangunan Negara karena desa menjadi dasar dalam identifikasi permasalahan masyarakat hingga pada perencanaan serta realisasi tujuan Negara yang terdapat pada tingkat desa (Sidik, 2015).

Letak geografis adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain. Letak geografis ditentukan pula oleh segi astronomis, geologis, fisiografis dan social budaya.

Hasil Penelitian

Secara geografis Desa Bokor terletak pada posisi 8°00’10.08” Lintang Selatan dan 112°44’2.4” Bujur Timur. Topografi ketinggian desa ini adalah berupa daratan sedang yaitu sekitar 450 m di atas permukaan air laut. Berdasarkan data BPS Kabupaten Malang, selama tahun 2012 curah hujan di Desa Bokor rata-rata mencapai 2.400 mm. Curah hujan terbanyak terjadi pada bulan Desember hingga mencapai 405,04 mm yang merupakan curah hujan tertinggi selama kurun waktu 2008-2013.

Jarak tempuh Desa Bokor ke ibu kota kecamatan adalah 2,5 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 5 menit. Sedangkan jarak tempuh ke ibu kota kabupaten adalah 21 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 0,5 jam. Secara geografis, Desa Bokor termasuk wilayah yang memiliki pegunungan dan sebagian besar dataran tinggi. Letak Desa Bokor berada di antara 2 desa lain yang juga masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Tumpang dan termasuk wilayah Kabupaten Malang. Desa Bokor merupakan salah satu dari 15 Desa yang ada di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Dengan jarak tempuh 2,5 kilometer ke pusat Kota Kecamatan Tumpang, dan 17 kilometer ke pusat Pemerintahan Kabupaten Malang, serta 89 kilometer ke Ibukota Propinsi Jawa timur.

Sesuai data diatas maka dapat kita pahami dengan analisis SWOT. Strenght : lokasi yang strategis karena berada di jalur arah wisata bromo dan arah kota, serta memiliki tanah yang subur. Weakness lokasi desanya memanjang tidak melebar yang mempengaruhi komunikasi warga. Opportunity bisa dijadikan rest areakarena banyak dilewati kendaraan. Threat  produktivitas yang kurang maksimal karena lahan desa yang kecil.


coded by muchad with <3