Pembukaan Kuliah Kerja Mahasiswa, Mahasiswa Siap Berikan Kontribusi bagi Desa Babadan

ARINIL KHAQ
210703110045 . G.50.2024 . 8 months ago
 

Malang (27/12/2023) – Kelompok KKM 50 sukses melaksanakan Pembukaan Program Kerja KKM yang bertempat di Balai Desa Babadan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Acara ini merupakan bentuk kolaborasi kelompok 50 dan 51, dengan menghadirkan perwakilan perangkat desa, DPL (Dosen Pembimbing Lapangan), serta seluruh peserta KKM.

Pada tahun ini, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mengusung KKM dengan tema Moderasi Beragama, Pencegahan Stunting, Kemiskinan Ekstrim serta Parenting. Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dalam kegiatan intrakurikuler yang memadukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Pembukaan Program Kerja KKM dipandu oleh Adilah dan Septi selaku Master of Ceremony dengan membaca Al-Fatihah. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Rahmad Ramadhan. Acara pembukaan dilanjutkan dengan beberapa sambutan diantaranya ketua kelompok 51 oleh Sulpadli, sambutan DPL 51, juga perwakilan dari perangkat Desa Babadan. 

DPL Kelompok 51, Syahirul Alim, SE., MM menegaskan dalam sambutannya bahwa “setiap mahasiswa harus saling menghormati setiap perbedaan dari segi manapun, serta diharapkan agar mahasiswa dapat berbaur dengan masyarakat sekitar”. 


Sambutan Bapak Syahirul Alim, SE., MM (DPL 51)

Bapak Sudarsono selaku Sekretaris Desa Babadan menyampaikan harapannya agar mahasiswa dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat dan turut serta berpartisipasi dalam kegiatan Lembaga Desa Babadan.


Sambutan Bapak Sudarsono (Sekretaris Desa Babadan)

Secara resmi, Program Kerja KKM UIN Malang Desa Babadan dibuka secara simbolis dengan pemasangan lanyard oleh Bapak DPL dan Bapak Sekretaris Desa kepada perwakilan ketua kelompok 50 yaitu Fauzil Hidayatullah dan ketua kelompok 51 yaitu Sulpadli.


Pemasangan Lanyard

Acara Pembukaan KKM ini kemudian diakhiri dengan pembacaan Do’a oleh Moch. Rizaldy Siyas yang kemudian dilanjutkan sesi dokumentasi bersama. Dengan acara pembukaan KKM ini menandai dimulainya kegiatan KKM yang akan berlangsung hingga 31 Januari 2024. Mahasiswa KKM diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Desa Babadan.


coded by muchad with <3