Pengalaman Selama KKM

RIHADATUL HURIYAH
15140063 . G.90.2017 . 6 years ago

Nama

:

Rihadatul Huriyah

Lokasi

:

Desa Pujiharjo RT.29/RW06, Kec.Tirtoyudo

NIM

:

15140063

Kelompok

:

90

Fak/Jurusan

:

Tarbiyah/PGMI

Pengalaman Selama KKM

 

Malang adalah sebuah kabupaten di profinsi Jawa Timur. Kabupaten Malang adalah Kabupaten terluas kedua setelah Kabupaten Banyuwangi dan merupakan kabupaten dengan populasi terbesar di Jawa Timur. Ibu kota Kabupaten Malang adalah Kepanjen. Pemerintahan kabupaten Malang dipimpin oleh Drs. H. Rendra Kresna. Sebagian besar wilayahnya merupakan pegunungan yang berhawa sejuk. Pembagian administratif Kabupaten Malang adalah 33 Kecamatan dan 390 Kelurahan. Kecamatan di Kabupaten Malang diantaranya : Ampelgading, Bantur, Bululawang, Dampit, Donomulyo, Gedangan, Gondanglegi Kalipare, Kasembon, Pagak, Pakisaji, Poncokusumo, Pujon, Sumbermajing, Tajinan dan Tirtoyudo. Beberapa kecamatan ini menjadi tujuan KKM bagi mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Tirtoyudo adalah kecamatan yang keluar pada hasil pembagian kelompok saat penutupan pembekalan KKM. sebuah kecamatan yang sebagian penduduknya berprofesi sebagai petani dan sangat dekat dengan gunung semeru, kurang lebih hanya 15 KM. Selanjutnya dikecamatan Tirtoyudo ada 10 kelompok yang bertugas dan dibagi dalam desa desa tertentu yang masuk dalam kecamatan Tirtoyudo seperti : Lenggoksono, Pujiharjo, Sumbertangkil, Taman Kuncaran dsb. Pujiharjo menjadi desa tempat kami melaksanakan KKM. Gaya hidup masyarakat Pujiharjo adalah gaya hidup masyarakat kota, mayoritas penduduknya Nasrani dan hampir semua warga memiliki kebun kopi, cengkeh dan pisang.

Sipelot adalah nama sebuah pantai yang menjadi destinasi wisata desa Pujiharjo. Objek wisata yang sangat luar biasa dan sangat cantik untuk keindahan pantai ini serta mempunyai pemandangan yang sangat mempesona. Garis pantai yang panjang dan, pasir kecoklatan dan pantai ini membentuk teluk. Kita bisa melihat banyak nelayan yang akan mencari ikan mengarungi Samudera Hindia. Disebelah timur pantai kita bisa menikmati air payau yang kehijauan yang sangat indah dan tidak diragukan juga pantai ini dikelilingi perbukitan kapur dan tebing-tebing tinggi membuat pantai ini semakin menakjubkan. Konon nama sipelot sendiri berasal dari kata spelot (bahasa belanda) yang artinya “persinggahan” karena pada zaman dahulu pantai ini menjadi persinggahan para tentara Belanda.

Kuliah Kerja Mahasiswa atau yang biasa disebut KKM adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sktoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan KKM biasanya berlangsung antara satu-dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKM sebagai kegiatan intrakulikuler yang memadukan tri darma perguruan tinggi yaitu : pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Begitu juga Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang dimana Mahasiswa semester 5 awal diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan KKM sesuai dengan penempatan disetiap kecamatan di kabupaten Malang.

Program yang dilaksanakan tiap perguruan tinggi berbeda-beda tergantung pada disiplin ilmu yang terkait serta kebutuhan masyarakat dari daerah yang dituju sebagai tempat pelaksanaan KKM. Program yang dibuat dapat terbagi menjadi beberapa bidang seperti : bidang pendidikan, bidang kewirausahaan, bidang lingkungan, bidang keagamaan dsn bidang kesehatan. Tujuan dari KKM agar mahasiswa dapat mengembangkan pemikiran berdasarkan ilmu teknologi dan upaya menumbuhkan, mempercepat serta mempersiapkan kader-kader pembangunan. memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatan dalam masyarakat yang secara langsung menemukan, merumuskan, memecahkan dan menaggulangi permasalahan pembangunan secara pragmatis dan interdisipliner.

Wedang KUSANG (Kulit Pisang) adalah salah satu produk yang berhasil kami buat. Wedang ini berbahan dasar dari kulit pisang, pengolahan yang mudah bisa menjadi salah satu usaha untuk sambilan masyarakat Pujiharjo. Kulit yang sudah dikupas kemudian direndam satu hari untuk menghilangkan getahnya, dipotong kecil-kecil kemudian dijemur hingga kering, disangrai kemudian dihaluskan dengan selepan kopi sudah menghasilkan bubuk yang bisa dinikmati. Selanjutnya kita juga berhasil membuat tepung dari pisang yang pengolahannya juga lebih mudah, yaitu pisang yang sudah tua direndam satu hari lalu dipasrah, dijemur hingga kering yang terakhir dihaluskan dan tepung siap dimanfaatkan.

KTP atau Krupuk Tepung Pisang adalah wujud pemanfaatan tepung pisang yang sudah kami hasilkan. Pengolahan krupuk ini sama halnya dengan pengolahan krupuk pada umumnya. Ketiga produk ini adalah hasil dari eksperimen kami dibidang kewirausahaan, berbicara tentang program lainya seperti bidang pendidikan kami diarahkan untuk mengajr les matematika dan bahasa inggris disore hari, mengajar mengaji untuk anak TPQ ba’da magrib dan membantu kegiatan di SMP Hasanuddin. Membantu sosialisasi campak dan rubela serta pelaksanaan suntiknya untuk balita sampai remaja 15 tahun sebagai kegiatan di bidang kesehatan.

Halal bi Halal adalah kegiatan umat muslim pujiharjo yang kami hadiri. Dalam kegiatan ini terdapat beberapa serangkaian acara yaitu sholawatan dan pengajian. Selain halal bi halal kami juga mengikuti kegiatan di bidang kegamaan lainya yaitu kumpulan ibu-ibu jamaah pada hari kamis siang diantara kegiatan yang kami ikuti dalam kumpulan tersebut adalah pembacaan surat yasin,tahlil, istigotsah dan diba’an serta tahlilan bersama bapak-bapak jamaah ba’da magrib pada malam jum’at yang di ikuti oleh peserta KKM putra.

Bidang lingkungan kegiatan yang kami ikuti yaitu serangkaian acara bersih desa dalam perayaan ulang tahun desa Pujiharjo ke 85. Diantara kegiatan tersebut adalah buwuhan yaitu setiap kepala keluarga datang ke balai desa untuk melaksanakan buwuh seperti pada umunya, selanjutnya kirab budaya yaitu semua warga Pujiharjo berkumpul dilapangan dengan memakai identitas masing masing misalnya muslim memakai pakaian berwarna putih dan non muslim memakai pakaian batik / lainya. Encek-encek an adalah kegiatan akhir dalam acara bersih desa yaitu setiap warga berkumpul dibalai desa dengan membawa makanan yang di bungkus kulit pisang dan ditata rapi dalam pelepah pisang. Serangkaian kegiatan bersih desa ini umum untuk semua warga yaitu muslim dan non muslim. Alhamdulillah semua program bisa kami jalankan dalam kegiatan KKM di desa Pujiharjo. Semoga KKM selanjutnya bisa menjadi lebih baik untuk membantu dalam pembangunan desa Pujiharjo.

Rihadatul Huriyah


coded by muchad with <3