Perdana Pembukaan KKM UIN Malang 2023/2024 Kelompok 195-197 di Desa Jedong, Kec. Wagir, Kab. Malang

PUTRI PURNAMASARI
210605110170 . G.196.2024 . 7 months ago


Pada hari yang penuh semangat dan hari yang telah ditunggu-tunggu oleh mahasiswa kelompok KKM 195-197, di mana pada hari Jum'at tanggal 22 Desember 2023 Desa Jedong menjadi saksi pelaksanaan Perdana Pembukaan KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) UIN Malang untuk kelompok 195-197 tahun ajaran 2023/2024. Acara ini merupakan langkah awal mahasiswa untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat Desa Jedong. Pada acara pembukaan ini terdapat beberapa susunan acara yaitu : Pembukaan, Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an, Sambutan-Sambutan, Pembukaan KKM Desa Jedong Secara Simbolis, dan terakhir Penutup.

Pukul 13.00, panitia mulai bersiap di lokasi acara untuk memastikan segala persiapan berjalan dengan baik. Dekorasi dan teknis acara diperiksa, memastikan semuanya siap untuk menyambut tamu dan peserta. Persiapan ini dilakukan oleh perwakilan setiap kelompok yang terpilih untuk bertugas pada hari acara pembukaan ini. Setelah semuanya siap, pada pukul 14.25 perangkat desa memasuki tempat acara. Kemudian pada pukul 14.35 MC mengambil alih untuk memulai acara ini dengan penuh semangat. MC pada acara ini yaitu Saudari Nana dari perwakilan kelompok 195. Pada pukul 14.47 MC memulai acara dan membacakan susunan acara dengan suasana dengan rasa antusiasme yang sangat tinggi dari peserta. MC membuka acara dengan penuh semangat, di mana pembukaan awal menggunakan 3 bahasa yaitu bahasa Indonesia, Arab dan Inggris.

Selanjutnya, acara berikutnya ialah pembacaan ayat suci al-qur'an yang dibawakan oleh Saudara Rafi dari perwakilan kelompok 197. Saat pembacaan al-qur'an para peserta KKM mendengarkan dengan sangat khusyuk. Lantunan demi lantunan ayat dibacakan mulai dari ta'awudz dan diakhiri dengan bacaan tashdiq. Kemudian, acara selanjutnya yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh tamu dan peserta yang dipandu oleh Saudari Dila perwakilan dari kelompok 197 sebagai Dirijien. Para tamu dan peserta menyanyikan lagu Indonesia raya dengan penuh semangat.

Acara Selanjutnya yaitu Sambutan-Sambutan, di mana sambutan pertama yaitu sambutan Koordinator Desa yang disampaikan oleh Saudara Nazil dari perwakilan kelompok 196 sebagai Koordinator Desa ini. Sambutan yang disampaikan oleh koordinator desa ialah menyampaikan tema yang dari KKM kita dan ucapan terima kasih kepada perangkat desa dan masyarakat desa Jedong karena sudah menerima kita dengan baik dan disambut dengan baik pula. Kemudian sambutan kedua yaitu sambutan perwakilan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang diwakilkan oleh DPL dari kelompok 197 yaitu Ibu Rifqi Abqoriah. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada para perangkat desa setempat karena telah menerima kedatangan mahasiswa KKM UIN Malang ini dan menyampaikan titip mahasiswa KKM ini kepada para perangkat desa. Dan Sambutan terakhir oleh Kepala Desa Jedong yaitu Bapak Tekat Wahyudi. Beliau menyampaikan bahwa tema yang kita bawa ini sangat bagus dan sangat bermanfaat, pada tema moderasi beragama dilarang membawa unsur radikalisme, dan mengingatkan kepada kita bahwa desa Jedong ini desa yang sangat dekat dengan kota dan sudah banyak masyarakat kota yang masuk atau tinggal di desa ini, oleh karena itu, masyarakat desa ini sudah sedikit banyaknya seperti masyarakat di kota.

Dan selanjutnya adalah acara yang sudah dinanti-nantikan yaitu acara Pembukaan KKM UIN Malang di Desa Jedong Secara Simbolis, pada pembukaan secara simbolis ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa dengan melakukan pemukulan Gong dengan 3 kali pukulan, dan akhirnya KKM UIN Malang Kelompok 195-197 sudah resmi. Dan kini mahasiswa kelompok tersebut sudah resmi menjadi bagian dari masyarakat desa ini dan sudah resmi untuk mengabdi dan berkontribusi di desa Jedong ini. Seluruh para tamu dan peserta bertepuk tangan dengan gembira. Kemudian, acara terakhir ialah do'a dan penutup untuk do'a dipimpin oleh Saudara Gilang dari perwakilan kelompok 195, do'a dibacakan sangat khusyuk. Dan untuk penutup dikembalikan kepada MC, dan acara pembukaan ini ditutup oleh MC.

Oiyaa teman-teman, sekedar informasi di desa Jedong ini terdapat 5 dusun loh yaitu dusun pertama ada dusun Jurang Wugu, kedua dusun Jedong, ketiga dusun Sawun, Keempat dusun Krobyokan, dan terakhir dusun Jaten. Dan Kelompok kami 196 kebagian di dusun Jedong guys.


coded by muchad with <3