PERJALANAN 30 HARI MENCARI CINTA MAHASISWA KKM-DR UIN MALANG DI DESA KLAMPOK

IRFAN NUR AZIZ
19150065 . G.187.2022 . 2 years ago

PERJALANAN 30 HARI MENCARI CINTA MAHASISWA KKM-DR UIN MALANG DI DESA KLAMPOK


Perjalanan itu dimulai pada hari Senin, 27 Desember 2021. Dengan izin Allah dan dengan restu ayah ibu, kami kelompok KKM-DR UIN Malang dengan kelompok bernamakan Supra (Sak Teruse Panggah Keluarga) melakukan acara pembukaan KKM di Desa Klampok Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Acara pembukaan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa beserta jajarannya.


Setelah segala rangkaian kegiatan pembukaan kami lalui, tibalah di hari esoknya mahasiswa KKM-DR desa Klampok mengunjungi pengurus TPQ At-Taqwa dan merasionalisasikan niatan kami untuk membantu mengajar di TPQ tersebut selama kegiatan KKM-DR berlangsung. Kegiatan mengajar kami di TPQ At-Taqwa dilakukan secara 2 gelombang, dengan gelombang pertama pada pukul 13.30-15.00 dan gelombang kedua pukul 15.30-17.00, dengan pembagian anak TK-kelas 3 SD belajar di lantai 1 dan kelas 4 SD-SMP di lantai 2.

Adapun tindak lanjut dari kegiatan kami di TPQ At-Taqwa yaitu dengan mengadakan perlombaan se-desa Klampok yang diadakan seminggu sebelum penutupan KKM-DR UIN Malang. Yang mana perlombaan tersebut diikuti hampir 50 peserta dengan mencakup tiga kategori perlombaan yaitu adzan, hafalan surat-surat pendek, dan ranking 1.



Perjalanan mencari cinta kami masih terus berlanjut. Selain mengajar di TPQ, mahasiswa KKM-DR desa Klampok juga terjun dalam ranah kesehatan dengan membantu vaksinasi di beberapa SD di desa Klampok yang bekerjasama dengan pihak puskesmas desa Klampok. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari sebagai bentuk usaha kita untuk memerangi pandemi Covid-19 yang masih terus bergejolak di negara ini.

Di sisi lain, di hari yang berbeda dan dalam suasana hati yang menggebu, kami mahasiswa KKM-DR desa Klampok juga ikut terjun langsung dalam mengabdikan diri dengan membantu penyelenggaraan Rapat Akhir Tahun (RAT) Himpunan Pengusaha Air Minum (HIPAM) Swadaya RW 02 desa Klampok. Kegiatan ini bertujuan untuk evaluasi serta transparansi segala bentuk kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh warga RW 02 desa Klampok dan sekaligus untuk laporan
pertanggungjawaban pengurus HIPAM.


Kisah cinta mahasiswa KKM-DR desa Klampok tidak berhenti sampai di situ, kami juga melakukan kegiatan sosialisasi bersama ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), yang dilakukan untuk membantu sosial ekonomi masyarakat di desa Klampok. Kegiatan ini terlaksana beberapa kali dengan mengusung tema mengenai Parenting Anak dan Remaja serta sosialisasi mengenai E-Commerce.

 


Dan tibalah detik yang mendebarkan dalam hati kita, suasana yang tak karuan, rasa sayang yang sangat meningkat membuat tetesan air mata banjir membasahi pipi. Detik itulah dimana kegiatan mencari cinta kita terhenti “Penutupan dan Perspisahan”. Pada hari itu mahasiswa KKM-DR UIN Malang mengadakan kegiatan puncak yang meliputi pengumuman lomba yang telah kita realisasikan sebelumnya serta perpisahan dan penutupan mahasiswa KKM-DR UIN Malang. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh peserta lomba dan para pejabat desa serta dimeriahkan oleh beberapa penampilan dari mahasiswa KKM-DR desa Klampok.

Dan akhirnya perjalanan mencari cinta kita di desa Klampok telah usai. Pengabdian kita, dedikasi kita mungkin telah berhenti, namun cerita, cinta dan kasih kita untuk seluruh elemen yang telah membantu kita selama kegiatan KKM-DR di desa Klampok tidak akan pernah sirna.

Terima Kasih dan Sekian…


coded by muchad with <3