PESONA INDONESIA YANG TERBENGKALAI, PAGAK

SILVERA ZAINA NUZULA
17930102 . G.81.2020 . 4 years ago

PESONA INDONESIA YANG TERBENGKALAI, PAGAK


Gambar 1. Perkebunan di Desa Pagak

Pagak merupakan salah satu desa di Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. Desa Pagak merupakan ibukota kecamatan Pagak. Desa Pagak memiliki total luas 1898,80 hektar, dengan rincian luas sawah yakni 43 hektar, luas tanah kering 463,92 hektar, luas perkebunan 1135,43 hektar, luas fasilitas umum 48,45 hektar, luas hutan 208 hektar. Desa Pagak secara letak geografis berbatasan dengan desa Gampingan dan Sumberejo di sebelah utara, desa Sumberkerto dan Sempol pada sebelah selatan, desa Karangsari pada sebelah timur, dan desa Tlogorejo pada sebelah barat.

Penduduk desa Pagak memiliki berbagai macam profesi mulai dari PNS, pengusaha, hingga seniman. Desa ini memiliki SDM yang cukup handal mengingat hanya sedikit pengangguran di wilayah ini.

5e2e1bccbf4490b26c002df2d.jpg

Gambar 2. Anak- anak melihat pemandangan di salah satu surau di Desa Pagak

Saat pertama memasuki wilayah desa Pagak dari arah kota Kepanjen, kita akan disuguhkan dengan hijaunya hutan rakyat yang berkilau di bawah sinar mentari, sepanjang jalan desa udara di desa Pagak sangatlah asri karena di wilayah ini sektor perkebunan sangatlah besar, sehingga meminimalisir adanya polusi udara.

Secara kasat mata pesona desa Pagak sangat memukau dengan hamparan perkebunan yang sangat luas. Namun, potensi wisata dari desa ini tidak dimunculkan, entah mengapa. Beberapa tahun lalu Indonesia tengah menggalakkan program wisata dengan tema pesona Indonesia. Tapi hal ini tidak terjadi di desa Pagak ini.

Potensi sebagai desa wisata dan edukasi sangatlah cocok disandang oleh desa pagak ini, karena mengingat bentang alam yang sangat luas, dan wilayah perkebunan yang masih hijau sejauh mata memandang, serta dengan keasrian hutan rakyat yang sangat elok dibawah kilau sinar mentari.

Potensi wisata pesona Pagak sebaiknya dapat dikembangkan oleh pemerintah setempat guna mendongkrak popularitas Kabupaten Malang yang terkenal sebagai salah satu kota wisata di Indonesia.


coded by muchad with <3