Potensi Bisnis Gula Merah Jawa Desa Rejoyoso

ANSYAR FAKHRUDDIN
17410080 . G.193.2020 . 4 years ago


Gula merah merupakan hasil olahan air nira yang dibuat dalam bentuk padatan dan biasanya dicetak menggunakan tempurung kepala atau bambu sehingga bentuknya silindris, olahan ini biasanya digunakan sebagai bahan campuran makanan. Gula merah atau gula kelapa yang berbentuk padat biasanya disebut gula jawa.

Gula merah terdiri dari beberapa jenis tergantung dari bahan bakunya, diantaranya gula merah tebu, gula aren, gula kelapa, dan gula siwalan. Nilai gizi yang terdapat dari masing-masing jenis gula merah tersebut berbeda-beda tergantung pada bahan bakunya.

Nira yang digunakan dalam pembuatan gula merah adalah nira yang telah melalui proses penguapan kadar airnya. Prinsip pembuatan gula merah adalah dengan menguapkan kadar air bahan baku hingga mencapai kadar air optimum pada pembuatan gula merah.

Penguapan atau evaporasi air pada pembuatan gula merah dari bahan air nira kelapa dapat dilakukan dengan cara memanaskan bahan baku dan campuran lain seperti kayu manis dan gula pasir dalam wadah terbuka kemudian diaduk selama kurang lebih 2 jam hingga mencapai kekentalan tertentu sehingga gula dapat dicetak.

Seperti salah satu produsen gula merah jawa oleh Ibu Sumi di dusun Wotgalih, RT 06, RW 01, Desa Rejoyoso, Kecamatan Bantur. Produksi gula merah jawa ini dapat menghasilkan 15 kg gula merah jawa dalam waktu 1 hari. Dalam sehari Ibu Sumi membuat gula merah jawa 2 kali pembuatan dalam sehari, yaitu pukul 09.00-11.00 WIB dan 16.00-18.00 WIB.

Sedangkan untuk penjualan gula merah jawa sendiri ibu Sumi menjual produksinya dalam skala pemasaran lokal dan tidak dijual secara online. Untuk harga perkilo gula merah jawa yaitu 15 ribu rupiah, sedangkan untuk harga satuan yaitu 2 ribu rupiah. Sehingga jika dalam sehari produksi gula merah jawa Ibu Sumi habis maka uang yang didapat dari keuntungan penjualan gula merah jawa sebesar 225 ribu rupiah.

Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa berbisnis gula merah sangat mengiurkan para pencari rupiah, karena keuntungan yang didapat cukup besar. Selain itu gula merah jawa juga dapat bertahan hingga berhari-hari bahkan berbulan-bulan tergantung suhu agar kondisi gula merah jawa tetap stabil dan tidak mencair.

Untuk pembelian gula merah jawa dapat dipesan melalui 

No WhatsApp : 081233593694 


Atau bisa dibeli langsung ke alamat dibawah atas nama Ibu Sumi
 

Dusun Wotgalih, RT 06, RW 01, Desa Rejoyoso, Kecamatan Bantur


coded by muchad with <3