Sosialisasi Mitigasi Bencana Di SDN Kuwolu

TITIAN NURSAIDA PRATIWI
17320206 . G.19.2020 . 4 years ago

KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) merupakan sebuah kegiatan mengabdi kepada masyarakat yang di lakukan oleh mahasiswa. Dalam melaksanakan KKM tentu ada satu ataupun beberapa program kerja yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas masyarakat desa.

Dalam kelompok kami, kami memiliki beberapa program kerja. Salah satunya adalah sosialisasi mitigasi bencana di SDN Kuwolu. Mitigasi Bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Mitigasi bencana merupakan suatu aktivitas yang berperan sebagai tindakan pengurangan dampak bencana, atau usaha-usaha yang dilakukan untuk megurangi korban ketika bencana terjadi, baik korban jiwa maupun harta. Tujuan dari mitigasi bencana adalah untuk mengurangi kerugian-kerugian pada saat terjadinya bahaya pada masa mendatang. Tujuan utama adalah untuk mengurangi risiko kematian dan cedera terhadap penduduk. 

Namun mitigasi bencana yang dilaksanakan di SDN Kuwolu hanya difokuskan untuk bencana gempa bumi. Tujuannya agar para siswa bisa mengetahui hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan ketika bencana terjadi. Karena akhir-akhir ini memang sering terjadi bencana alam.

Dalam mitigasi bencana ini para kakak-kakak volunteer mengajarkan banyak hal. Diantaranya, hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum atau ketika terjadinya gempa dan tindakan-tindakan yang harus dilakukan ketika bencana terjadi. Hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum terjadinya bencana adalah seperti menyiapkan obat-obatan/obat-obatan, alat komunikasi, selimut, air mineral dan senter. Kemudian alat-alat tersebut ditempatkan dalam satu tas yang disebut dengan tas siaga. Selanjutnya, tindakan yang harus kita ambil dalam keadaan darurat. Ada 3 tindakan darurat : melindungi kepala, sembunyi dibawah meja, memegang kaki meja agar tidak berpindah posisi saat terjadinya gempa. 

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang mitigasi bencana. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin. 





coded by muchad with <3