Upaya Usahakan Kebersihan Lingkungan dan Rumah Sehat Desa Tlekung Melalui Kegiatan KKM-DR

PUTRIKU PHILOSOPHIA ISLAMI
19910017 . G.51.2022 . 2 years ago

Lingkungan adalah tempat dimana sekelompok makhluk hidup tinggal, dalam proses kehidupan dan bermasyarakat tentunya manusia butuh ruang untuk hidup dan menjalankan aktivitasnya. Lingkungan yang sehat tentunya sangat diperlukan agar warga sekitar senantiasa selalu sehat dan dapat beraktivitas dengan baik. Tentunya hal ini tidak dapat dilakukan tanpa campur tangan dari sekelompok orang yang tinggal dalam lingkungan tersebut. Maka dari itu salah satu upaya untuk memantau kondisis sekitar dan melakukan kebiasaan menjaga linkungan kami melakukan program operasi semut dan rumah sehat.

Operasi semut adalah operasi gotong-royong untuk membersihkan lingkungan bersama-sama dengan berjalan kaki. Berbagai upaya kami lakukan untuk membantu pemulihan lingkungan sekitar dua diantaranya berupa ikut dalam kerja bakti serta operasi semut di Desa Tlekung. Operasi semut sendiri kami lakukan dengan menusuri jalan dan rumah warga beserta upaya mengumpulkan sampah yang berserakan. Beberapa sampah yang kami kumpulkan nantinya juga kami olah untuk dibuat produk yang di sumbangkan di kantor desa. Operasi semut sendiri berbarengan dengan melihat kondisi pengelolaan sampah didesa ini. Kondisi sekitar yang cukup baik dapat terlihat setelah operasi semut dan untuk menoptimalkan hasil pengamatan kami, kami j melakukan sosialisasi lingkungan sehat berbarengan dengan rumah sehat.

Rumah sehat ditujukan bagi setiap rumah di desa. Kelompok bangsa melakukan kunjungan di setiap rumah untuk memberikan penyuluhan terkait hipertensi dan COVID-19 dengan memberikan brosur, pengecekan tekanan darah, dan POCT (Point of Care Testing) berupa pemeriksaan glukosa, kolesterol, dan asam urat. Hal ini dibarengi dengan program rumah sehat, untuk memaksimalkan program rumah sehat, dilakukan pengecekan ventilasi rumah, pencahayaan, serta keadaan air apakah sudah baik dan layak. Rumah sehat sendiri merupakan rumah yang memenuhi kriteria minimal seperti akses air minum, akses jamban sehat, lantai, ventilasi, dan pencahayaan. Bersamaan dengan pelaksanaan rumah sehat dan melakukan penyuluhan serta pemeriksaan kesehatan kami juga membagikan poster mengenai edukasi hipertensi.


coded by muchad with <3